Ketentuan Sewa

SANTAI TRANS dan PENYEWA bersepakat bahwa sewa-menyewa KENDARAAN yang tercatat dalam surat Pemesanan Sewa/Rent Order, berlaku sejak tanggal penandatanganan surat Pemesanan Sewa/Rent Order dimana syarat-syarat serta ketentuan-ketentuan diatur sebagai berikut:
MASA BERLAKUNYA PERJANJIAN SEWA

Sewa-menyewa ini dilangsungkan dan diterima untuk jangka waktu yang terhitung sesuai dengan tanggal yang tertera di surat Pemesanan Sewa/Rent Order.
Setelah jangka waktu tersebut selesai, maka sewa-menyewa ini dapat diperpanjang untuk jangka waktu dan dengan syarat-syarat serta ketentuan-ketentuan yang akan diatur dalam surat Pemesanan Sewa/Rent Order tersendiri.

HARGA SEWA

Harga sewa atas KENDARAAN untuk seluruh jangka waktu sewa sejumlah harga yang tertera pada surat Pemesanan Sewa/Rent Order yang keseluruhannya dibayarkan lunas dimuka oleh PENYEWA dan ditandatangani oleh kedua pihak.
Surat Pemesanan Sewa/Rent Order juga berlaku sebagai tanda bukti pelunasan yang sah dari sejumlah uang sewa KENDARAAN termaksud.

KETENTUAN-KETENTUAN KHUSUS

Sebelum berakhirnya jangka waktu sewa-menyewa SANTAI TRANS sama sekali tidak dibenarkan meminta PENYEWA untuk mengakhiri jangka waktu kontrak atau pun PENYEWA menyerahkan kembali KENDARAAN tersebut kepada SANTAI TRANS, kecuali terdapat kesepakatan di antara kedua belah pihak.
SANTAI TRANS tidak diperbolehkan memungut uang sewa tambahan dari PENYEWA dengan alasan apapun, kecuali biaya-biaya yang terjadi diluar harga sewa KENDARAAN.

PERSYARATAN SEWA

PENYEWA wajib memenuhi persyaratan sewa KENDARAAN yang telah ditetapkan oleh SANTAI TRANS didalam lampiran Persyaratan Sewa Tanpa Sopir (Self-Drive/Non-Driver).
PENYERAHAN KENDARAAN

Kedua belah pihak menandatangani surat Pemesanan Sewa/Rent Order yang juga terdapat kondisi dan status KENDARAAN sebelum diserahkan oleh PENYEWA.
SANTAI TRANS menyerahkan kendaraan yang disewakan dalam keadaan baik dan sesuai dengan surat Pemesanan Sewa/Rent Order berikut Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau dokumen lain yang menyertai KENDARAAN, kepada PENYEWA.

HAK, KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB SANTAI TRANS

SANTAI TRANS berhak menarik kembali KENDARAAN tersebut apabila:
Masa sewa telah berakhir,
KENDARAAN tidak terawat,
KENDARAAN dijual/digadaikan/dipindahtangankan/dipindahsewakan kepada pihak lain,
KENDARAAN digunakan untuk tindak pidana kejahatan dan atau kegiatan-kegiatan yang melanggar HUKUM.
SANTAI TRANS dapat setiap saat melakukan inspeksi KENDARAAN di lokasi PENYEWA.
SANTAI TRANS bertanggung jawab dan menjamin sepenuhnya bahwa pada masa sewa KENDARAAN, tidak ada tuntutan/gugatan dari pihak lain atas KENDARAAN.
SANTAI TRANS bertanggung jawab sepenuhnya atas biaya perpanjangan pajak KENDARAAN/STNK yang telah habis masa berlakunya.
SANTAI TRANS wajib menyediakan kendaraan pengganti, apabila KENDARAAN membutuhkan perawatan rutin (pergantian oli, filter), KENDARAAN mengalami kerusakan yang bukan diakibatkan kelalaian PENYEWA, apabila perawatan atau perbaikan tersebut membutuhkan waktu lebih dari 1x 24 jam (satu hari).
Perbaikan kerusakan yang terjadi dikerjakan oleh SANTAI TRANS pada hari kerja (Senin s/d Jum’at) jam 09.00 – 15.00 WIB dan Sabtu jam 09.00 – 14.00 WIB di Wilayah Solo.
Apabila kerusakan terjadi di luar Wilayah Solo, akan ditangani oleh PENYEWA hanya dengan persetujuan SANTAI TRANS dan biaya perbaikan akan mendapat penggantian sepenuhnya oleh SANTAI TRANS, berdasarkan bukti pembayaran yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan.

HAK, KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB PENYEWA

PENYEWA berhak sepenuhnya untuk menggunakan KENDARAAN yang disewanya.
PENYEWA wajib melaporkan pada SANTAI TRANS apabila terjadi kerusakan pada bagian KENDARAAN atau kehilangan KENDARAAN tersebut secepatnya dalam waktu paling lambat 1×24 jam. Tidak diperkenankan untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan KENDARAAN tanpa sepengetahuan SANTAI TRANS.
Apabila terjadi kehilangan kendaraan, maka PENYEWA
Tidak mendapat penggantian kendaraan,
Bersama-sama dengan SANTAI TRANS melaporkan kehilangan kendaraan kepada pihak Kepolisian,
Membayar biaya klaim Asuransi
Tetap dikenakan biaya sewa sampai SANTAI TRANS mendapat penggantian dari Pihak Asuransi,
Mengganti kendaraan yang hilang, apabila Pihak Asuransi menolak klaim yang diajukan oleh SANTAI TRANS.
Apabila terjadi Insiden kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan, maka PENYEWA:
Tidak mendapat penggantian kendaraan,
Menanggung biaya derek dari tempat kejadian sampai ke bengkel yang ditunjuk oleh SANTAI TRANS,
Membayar biaya klaim Asuransi dan biaya perbaikan dan lain-lain yang tidak ditanggung oleh Asuransi,
Tetap dikenakan biaya sewa sampai SANTAI TRANS siap mengoperasikan kendaraan tersebut.
PENYEWA bertanggung jawab atas pemeliharaan dan kebersihan kendaraan yang disewa.
Untuk jangka sewa lebih dari 7×24 jam, maka PENYEWA dimohon atas biaya sendiri untuk melakukan perawatan ringan:
Pengisian air radiator dan air wiper apabila kurang,
Pengisian air aki apabila kurang,
Pengisian minyak rem apabila kurang,
Penggantian oli mesin apabila telah mencapai kilometer sebelum jangka waktu 2 (dua) bulan.
Apabila terjadi kerusakan akibat kelalaian PENYEWA, maka perbaikan dilakukan oleh SANTAI TRANS atau dilokasi yang ditunjuk oleh SANTAI TRANS dengan biaya ditanggung sepenuhnya oleh PENYEWA. Selama masa perbaikan, biaya sewa sesuai tetap berjalan dan ditanggung oleh PENYEWA.
PENYEWA tidak diperbolehkan mempergunakan kendaraan yang disewa untuk olahraga balap atau ketangkasan kendaraan bermotor.
PENYEWA wajib memberitahukan dan meminta persetujuan SANTAI TRANS terlebih dahulu apabila kendaraan akan dipinjamkan/dipergunakan oleh pihak lain, tanpa mengurangi kewajiban dan tanggung jawab PENYEWA.
PENYEWA bertanggung jawab penuh untuk mengoperasikan dengan wajar sesuai peruntukan KENDARAAN tersebut, merawat dan menjaga kebersihan dan keutuhan kondisi KENDARAAN tersebut sebaik-baiknya dan wajib mengembalikan KENDARAAN dalam kondisi normal dan berfungsi, terawat dan dalam kondisi lengkap. Segala penggantian tanpa persetujuan SANTAI TRANS, kehilangan bagian ataupun asesoris KENDARAAN serta kerusakan perlengkapan yang tercantum dalam surat Pemesanan Sewa/Rent Order selama waktu sewa, sepenuhnya menjadi tanggung jawab PENYEWA.
Apabila KENDARAAN sewa terlibat Pelanggaran Hukum, atau STNK/KENDARAAN ditahan/dikuasai oleh pihak yang berwajib atau pihak lain, maka PENYEWA:
Tidak mendapat penggantian kendaraan,
Menanggung sepenuhnya semua biaya serta resiko penyelesaian masalah tersebut.
Tetap dikenakan biaya sewa sampai SANTAI TRANS menerima kembali kendaraan tersebut dalam kondisi seperti semula,
Tidak melibatkan SANTAI TRANS kedalam masalah tersebut,
Apabila STNK hilang, PENYEWA bertanggung jawab membayar penuh biaya pengurusan kehilangan STNK dan membayar biaya sewa berjalan sesuai perjanjian.
Apabila PENYEWA tidak dapat melunasi kewajiban sewa, maka SANTAI TRANS berhak atas jaminan yang telah diberikan PENYEWA atau penggantiaan berupa barang lain yang disetujui SANTAI TRANS dan senilai dengan harga sewa tertunggak.
Apabila perjanjian sewa-menyewa ini berakhir, PENYEWA wajib menyerahkan kembali KENDARAAN tersebut kepada SANTAI TRANS tepat pada waktunya, dalam keadaan berfungsi, terawat baik dan kondisinya lengkap seperti ketika PENYEWA menerimanya dari SANTAI TRANS.

LARANGAN-LARANGAN

Status kepemilikan KENDARAAN tersebut di atas sepenuhnya ada di tangan SANTAI TRANS hingga PENYEWA tidak diperbolehkan melakukan perbuatan-perbuatan yang bertujuan untuk memindahtangankan kepemilikannya, seperti:
Menjual,
Menggadaikan,
Menyewakan, atau
Melakukan perbuatan-perbuatan lain yang bertujuan untuk me-mindahtangankan kepemilikannya, atau
Menggunakan KENDARAAN untuk melakukan perbuatan melawan hokum.
PENYEWA tidak diperbolehkan mengganti bagian-bagian apapun dari KENDARAAN yang disewanya baik dengan atau tanpa sepengetahuan SANTAI TRANS, serta bertanggung jawab untuk mengembalikan seperti kondisi semula atas biaya PENYEWA.
Pelanggaran PENYEWA atas larangan tersebut diatas, merupakan tindak pidana sesuai Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

KERUSAKAN DAN KEHILANGAN

Apabila terjadi kerusakan pada bagian-bagian KENDARAAN akibat pemakaian yang tidak wajar dan akibat kecelakaan baik yang disebabkan oleh PENYEWA maupun pihak lain selama masih dalam masa hak pakai sewa, maka PENYEWA diwajibkan untuk:
Memberitahukan kepada SANTAI TRANS,
Melakukan perbaikan terhadap kerusakan tersebut hanya pada lokasi bengkel yang telah disetujui atau ditunjuk oleh SANTAI TRANS, dan
Mengeluarkan biaya atas perbaikan kerusakan tersebut.
PENYEWA diwajibkan mengganti suku cadang KENDARAAN yang rusak akibat pemakaian yang tidak wajar yang menyebabkan suku cadang tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.
PENYEWA dibebaskan dari segala ganti rugi atau tuntutan dari SANTAI TRANS akibat kerusakan pada KENDARAAN yang diakibatkan oleh force majeure hanya apabila terbukti hal tersebut tidak dilakukan dengan faktor kesengajaan oleh PENYEWA.

Yang dimaksud dengan Force majeure adalah:

Bencana alam, seperti: banjir, gempa bumi, tanah longsor, petir, badai dan tornado, serta kebakaran.
Huru-hara, kerusuhan, pemberontakan, dan perang.
Apabila terjadi kehilangan karena kelalaian PENYEWA, maka PENYEWA diharuskan untuk mengganti dengan KENDARAAN sejenis dengan tahun pembuatan dan kondisi sama atau bernilai sebanding dengan KENDARAAN yang disewanya, selambat-lambatnya dalam waktu 15 hari.

PEMBATALAN dan PERPANJANGAN SEWA

Apabila terjadi pembatalan sewa pada saat kendaraan dikirim, maka PENYEWA akan dikenakan denda sebesar 20% (dua puluh persen) dari harga sewa.
Pembatalan sewa dalam masa kontrak berjalan oleh PENYEWA, dikenakan biaya pembatalan maksimum sejumlah harga sewa (sesuai harga kontrak berjalan).
Perpanjangan masa sewa dapat dilakukan dengan pemberitahuan 2 (dua) hingga 7 (tujuh) hari sebelum masa sewa berakhir dan melunasi biaya sewa selanjutnya.
PENYEWA wajib membayar denda atau kelebihan jam pemakaian KENDARAAN apabila telah melebihi masa sewa.
Apabila PENYEWA melakukan pelanggaran atau tidak mentaati perjanjian ini maka SANTAI TRANS berhak untuk minta perjanjian ini dibatalkan.
SANTAI TRANS diharuskan memberitahukan pembatalan tersebut secara tertulis kepada PENYEWA dan diwajibkan menyerahkan kembali KENDARAAN yang disewanya selambat-lambatnya 6 (enam) jam setelah perjanjian ini dibatalkan.
PENYEWA memberi kuasa penuh kepada SANTAI TRANS yang atas kuasanya dengan hak substitusi untuk mengambil KENDARAAN milik SANTAI TRANS, baik yang berada di tempat PENYEWA atau di berada di tempat pihak lain.
SANTAI TRANS berhak meminta bantuan pihak berwajib untuk menarik kembali KENDARAAN tersebut dan segala biaya pengambilan kendaraan tersebut sepenuhnya menjadi beban dan tanggung jawab PENYEWA.
PENYEWA membebaskan SANTAI TRANS dari tuntutan kerugian dari PENYEWA atas pembatalan sewa ini.

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

PENYEWA wajib mematuhi Ketentuan dan Kondisi persewaan KENDARAAN ini, dan hal-hal lain yang belum tercantum didalamnya akan diselesaikan secara kekeluargaan atau musyawarah untuk mencapai mufakat oleh kedua belah pihak.

Apabila terjadi perselisihan dan tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan atau musyawarah untuk mencapai mufakat, kedua belah pihak bersepakat untuk menyelesaikannya secara hukum dan kedua belah pihak sepakat untuk memilih wilayah hukum yang ditetapkan SANTAI TRANS di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Solo.
PENUTUP

Dengan ditantatanganinya surat Pemesanan Sewa/Rent Order, maka SANTAI TRANS dan PENYEWA menyatakan menyetujui dan melaksanakan Ketentuan dan Kondisi yang tercantum diatas.